Segarkan Minumanmu dengan Stevia: Pemanis Alami Rendah Kalori

By. afifah - 30 Sep 2023

Bagikan:
img

sumbermakanan.co.id - Gula telah menjadi bagian tak terpisahkan dari pola makan kita selama berabad-abad. Namun, dengan meningkatnya kesadaran akan dampak buruk konsumsi gula berlebihan terhadap kesehatan, banyak orang mencari alternatif yang lebih sehat untuk mengendalikan asupan gula dalam diet mereka. Salah satu alternatif yang semakin populer adalah Stevia.

Baca juga: Stevia vs Gula: Mana yang Lebih Manis dan Lebih Sehat?

Stevia adalah pemanis alami yang berasal dari tanaman Stevia rebaudiana. Tanaman ini sering digunakan sebagai alternatif pemanis alami dengan tingkat kemanisannya lebih tinggi daripada gula tebu. Stevia memiliki senyawa aktif seperti stevioside dan rebaudioside A (Reb A) yang memberikan rasa manis pada ekstrak daun stevia. Rasa manis pada stevia yang dapat digunakan sebagai pengganti gula berasal dari dua komponen glikosida, yakni steviosida dengan banyak 3 hingga 10% pada berat kering daun stevia dan rebaudiosida dengan banyak 1 hingga 3% pada berat kering daun stevia.

Stevia dapat digunakan sebagai pengganti gula dalam berbagai makanan dan minuman, seperti kopi, teh, dan oatmeal. Stevia juga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena tidak mempengaruhi kadar gula darah. Selain itu, stevia juga memiliki potensi manfaat kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan cocok untuk diet karena tidak mengandung kalori..

Baca juga: Inilah Jenis Jenis Teh Hijau yang Kaya Rasa dan Manfaat

Namun, penggunaan daun stevia langsung dalam bentuk utuh belum diketahui efeknya bagi ginjal, jantung, dan pembuluh darah, sehingga belum tentu aman. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih produk pemanis dari daun stevia yang sudah terdaftar di BPOM dan memiliki izin edar yang jelas. Meskipun stevia memiliki banyak manfaat, beberapa orang mungkin merasa stevia pahit atau terasa seperti mentol. Jika baru pertama kali menggunakan stevia, disarankan untuk menggunakannya sedikit-sedikit dulu dan mencampurnya dengan gula pasir untuk mengurangi rasa pahitnya.

Dalam kesimpulannya, stevia adalah pemanis alami yang dapat digunakan sebagai pengganti gula dalam berbagai makanan dan minuman. Stevia aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan memiliki potensi manfaat kesehatan. Namun, penggunaan daun stevia langsung dalam bentuk utuh belum tentu aman dan beberapa orang mungkin merasa stevia pahit atau terasa seperti mentol.

Baca juga: Cara Membuat Kombucha Bunga Telang yang Lezat dan Menyegarkan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp