Upaya Mencegah Zat Karsinogen Daging Ayam Agar Sehat

By. Agritio Amanusa - 27 Apr 2023

Bagikan:
img

sumbermakanan.co.id Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan sumber protein hewani yang paling populer di seluruh dunia. Namun, seperti halnya dengan banyak jenis makanan, ada risiko terkena zat karsinogen yang terdapat pada daging ayam. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara terhindar dari zat karsinogen pada daging ayam. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terkena zat karsinogen pada daging ayam.

Baca Juga: Ketahui Adanya Senyawa HCA Pada Daging Ayam Agar Tetap Sehat

1. Hindari mengkonsumsi bagian yang terbakar atau gosong
Zat karsinogen dapat terbentuk ketika daging ayam terbakar atau terlalu lama dimasak. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi bagian daging ayam yang terbakar atau gosong. Sebaiknya potong bagian tersebut dan buang bagian yang terlalu gosong.

2. Panggang daging ayam dengan cara yang benar
Jika Anda ingin memanggang daging ayam, sebaiknya panggang dengan cara yang benar. Jangan terlalu lama memanggangnya dan jangan terlalu dekat dengan api. Sebaiknya panggang pada suhu yang sedang dan dengan jarak yang cukup dari api.

Baca Juga: Inilah Ulasan Terkait Prevalensi Salmonella Daging Ayam Di Indonesia

3. Kurangi penggunaan bahan pengawet
Beberapa bahan pengawet yang digunakan dalam industri makanan dapat mengandung zat karsinogen. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi penggunaan bahan pengawet pada daging ayam. Pilihlah daging ayam yang segar dan tidak mengandung bahan pengawet.

4. Gunakan bumbu alami
Beberapa bumbu yang digunakan untuk memasak daging ayam dapat mengandung zat karsinogen. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan bumbu alami seperti bawang putih, jahe, atau kunyit. Selain itu, hindari penggunaan saus dan bumbu siap pakai yang mengandung bahan pengawet dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Baca Juga: Berikut Ini Ulasan Tentang Kontaminasi Salmonella Pada Daging Ayam

5. Pilih daging ayam yang sehat
Daging ayam yang sehat akan mengurangi risiko terkena zat karsinogen. Pilihlah daging ayam yang berasal dari peternakan yang bersih dan sehat. Pastikan juga bahwa daging ayam tersebut tidak mengandung hormon dan antibiotik.

6. Konsumsi dengan seimbang
Terakhir, sebaiknya konsumsi daging ayam dengan seimbang. Jangan terlalu sering mengonsumsi daging ayam dan jangan terlalu banyak dalam satu porsi. Konsumsi juga dengan variasi menu dan seimbang dengan jenis makanan lainnya seperti sayuran dan buah-buahan.

Dalam rangka terhindar dari zat karsinogen pada daging ayam, perlu dilakukan tindakan yang tepat saat memasak dan memilih bahan makanan. Dengan mengikuti beberapa tips di atas, Anda dapat meminimalkan risiko terkena zat karsinogen pada daging ayam dan memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi aman dan sehat.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp