Cara Mengatasi Kondisi Cekaman Panas Pada Ayam Broiler

By. Agritio Amanusa - 20 Mar 2023

Bagikan:
img

sumbermakanan.id - Terdapat dua hal yang harus diperhatikan untuk menangani cekaman panas meliputi: upaya mengurangi panas yang dirasakan oleh ayam serta mengurangi panas yang dihasilkan oleh ayam itu sendiri. Terdapat beragam upaya yang dapat diterapkan untuk dapat mengurangi cekaman panas pada broiler.

Baca juga: Sebab Terjadinya Penyakit Ayam Broiler

  1. Melakukan pengaturan ventilasi
    Kandang pemeliharaan ayam broiler berupa closed house sebaiknya memiliki fasilitas untuk mengatur ventilasi baik secara manual atau otomatis. Ventilasi dapat dibuka ketika cuaca panas, sehingga terjadi sirkulasi antara udara panas dalam kandang dengan udara dingin di luar kandang. Pengaturan ventilasi juga dapat dimaksimalkan dengan melakukan pengaturan kecepatan pada blower yang berada di dalam kandang.
     
  2. Melakukan penjarangan ayam
    Penjarangan ayam dalam satu kandang dapat dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi kepadatan sehingga ayam akan terasa lebih nyaman dimana suasan dalam kandang menjadi tidak terlalu panas, tidak terlalu padat, dan ayam dapat dengan leluasa meradiasikan panas dari dalam tubuhnya melalui mekanisme pelepasan panas dengan cara merenggangkan atau melebarkan sayapnya.

    Baca Juga: Inilah Penyakit Menular Pada Broiler Yang Wajib Diketahui Peternak
     
  3. Memperhatikan litter
    Litter atau alas kandang ayam broiler yang sudah tidak layak setelah beberapa minggu dapat menjadi sumber cekaman panas. Penggantian litter secara menyeluruh selama beberapa minggu sekali dapat dilakukan agar ternak tetap nyaman dan terhindar dari cekaman panas 
     
  4. Memberikan air minum dengan kualitas yang baik
    Pastikan air minum yang disediakan di dalam kandang tersedia secara ad libitum, artinya diberikan secara terus menerus. Suhu air minum yang paling baik untuk diberikan ke ternak yaitu sekitar 20-24oC. 

    Baca Juga: Tips Pencegahan Penyakit Kardiovaskular Pada Broiler Bagi Peternak
     
  5. Memberikan tambahan vitamin C
    Vitamin C yang dilarutkan bersamaan dengan air minum dan diberikan secara berkala dapat mengurangi tingkat cekaman panas pada ayam broiler. Vitamin C sendiri merupakan zat antistres yang baik dan banyak diberikan pada unggas karena dibutuhkan dalam reaksi hidroksilasi pada kelenjar adrenal untuk menurunkan produksi hormon ACTH.



Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp