4 Dampak Cekaman Panas Terhadap Kualitas Daging Broiler

By. Agritio Amanusa - 20 Mar 2023

Bagikan:
img

sumbermakanan.co.id - Cekaman panas dapat terjadi pada ayam broiler ketika suhu lingkungan kandang melebihi batas suhu toleransi ayam broiler sekitar 25-30 derajat Celsius. Ketika suhu lingkungan lebih tinggi dari batas toleransi ini, ayam akan mengalami stres termal yang dapat memengaruhi kesehatan dan kualitas daging mereka. Terdapat beberapa studi yang menjelaskan dampak dari cekaman panas terhadap penurunan kualitas daging ayam broiler diantaranya sebagai berikut:

Baca Juga: Kenali dan Segera Obati Kolera dan Coryza Pada Broiler

1. "Effect of Heat Stress on Meat Quality of Broiler Chickens" oleh Mohiti-Asli et al. (2016)

Studi ini dilakukan untuk mengevaluasi terkait dampak cekaman panas pada kualitas daging ayam broiler. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ayam yang mengalami cekaman panas memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah pada daging mereka sehingga berpengaruh pada rasa dan kualitas daging. Selain itu, ayam yang mengalami cekaman panas juga memiliki tingkat lipid peroksida yang lebih tinggi pada daging mereka, yang menandakan adanya oksidasi lipid pada daging yang dapat memengaruhi kesegaran dan masa simpan daging.

2. "Heat Stress and Broiler Performance: Understanding and Applying the Principles of Heat Stress Management" oleh Yahav et al. (2014)
Studi ini membahas dampak cekaman panas pada performa ayam broiler dan strategi manajemen cekaman panas yang dapat dilakukan untuk meminimalkan dampak dari cekaman panas pada ayambroiler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cekaman panas dapat mempengaruhi pertumbuhan dan produksi ayam broiler, serta memengaruhi kualitas daging. Strategi manajemen cekaman panas yang dapat dilakukan antara lain penggunaan ventilasi yang baik, peningkatan akses air minum, dan pemberian pakan yang sesuai.

Baca Juga: Penyebab Penyakit Menular Pada Broiler Yang Harus Diketahui

3. "Impact of Heat Stress on Meat Quality and Proteome Changes in Broiler Chickens" oleh Li et al. (2018)
Studi ini dilakukan untuk memahami dampak cekaman panas pada kualitas daging ayam broiler secara molekuler. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa cekaman panas yang terjadi pada broiler dapat memengaruhi komposisi protein pada daging ayam broiler, sehingga dapat mempengaruhi kualitas daging. Selain itu, cekaman panas juga dapat memengaruhi jalur metabolisme pada ayam broiler, yang dapat memengaruhi kesehatan dan kualitas daging.

4. "The effect of heat stress on the performance, carcass characteristics, and meat quality of broiler chickens" oleh Al-Homidan et al. (2019)
Studi ini dilakukan untuk membahas tentang pengaruh stres panas pada performa, karakteristik karkas, dan kualitas daging broiler. Penelitian ini menunjukkan bahwa stres panas menyebabkan penurunan berat badan karkas, peningkatan persentase lemak abdominal, dan penurunan kualitas daging broiler.

Baca Juga: Pengaruh Prebiotik terhadap Karkas Ayam Broiler




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp