Kenali dan Segera Obati Kolera dan Coryza Pada Broiler

By. Agritio Amanusa - 20 Mar 2023

Bagikan:
img

sumbermakanan.co.id - Penyakit menular pada broiler dapat menyebabkan kerugian ekonomi bagi peternak. Melalui pencegahan dan pengobatan yang tepat, penyakit menular pada broiler dapat dikendalikan. Ada beberapa jenis penyakit menular pada broiler yang perlu diwaspadai, seperti coryza dan kolera pada ayam broiler.

Baca Juga: Penyebab Penyakit Menular Pada Broiler Yang Harus Diketahui

Kolera merupakan penyakit menular yang dapat menimbulkan kerugian ekonomi jika tidak segera ditangani. Gejala kolera ayam meliputi nafsu makan menurun, pendarahan, dan diare. Pengobatan kolera ayam dilakukan dengan memberikan antibiotik yang tepat dan memberi makan dengan makanan yang mudah dicerna.

Baca Juga: 2 Jenis Penyakit Pada Ayam Broiler

Coryza merupakan penyakit bakterial yang ditandai dengan gejala seperti hidung yang berair, mata merah, dan bersin-bersin. Penyakit ini dapat menyebar dengan cepat dan bersifat sangat menular, maka dari itu pengobatan segera diperlukan. Pengobatan yang umum dilakukan adalah dengan memberikan antibiotik dan vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh broiler.

Baca Juga: Penyebab Penyakit Ayam Broiler

Selain upaya pengobatan yang harus segera dilakukan oleh peternak, karantina juga harus diterapkan untuk menghindari penyebaran penyakit yang ada di dalam kandang sehingga ayam yang terjangkit penyakit baik coryza maupun kolera tidak menyebarkan penyakit secara horizontal ke ayam lainnya. Program karantina yang diterapkan di saat ayam terkena penyakit harus dimaksimalkan hingga ayam benar - benar pulih.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp