4 Upaya Higienitas Kandang Pada Pemeliharaan Broiler

By. Agritio Amanusa - 17 Mar 2023

Bagikan:
img

sumbermakanan.co.id. - Higienitas kandang harus diterapkan sebagai cara untuk mencegah terjadinya penyakit baik menular maupun tidak menular pada pemeliharaan ayam broiler. Berikut merupakan langkah yang dapat diterapkan untuk menjaga kandang broiler tetap higienis:

Baca Juga: Penyebab Penyakit Menular Pada Broiler Yang Harus Diketahui

1. Pembersihan dan pencucian kendaraan. Kendaraan pengangkut juga harus diperhatikan kebersihannya karena baik kuman maupun bakteri sebagai penyebab penyakit bisa saja  menempel di permukaan kendaraan.

2. Pembersihan menyeluruh baik kandang maupun peralatan setelah panen. Pembersihan ini dapat dilakukan menggunakan deterjen agar peralatan dan kandang bersih secara maksimal.

Baca Juga: 2 Jenis Penyakit Pada Ayam Broiler

3. Segera membuang dan membakar ayam yang mati di dalam kandang, hal ini harus segera dilakukan karena ayam yang mati di dalam kandang bisa jadi disebabkan karena terjangkit penyakit menular, sehingga jika tidak segera disingkirkan dapat menyebarkan penyakit di dalam kandang

4. Menyediakan alas kaki di pintu masuk kandang. Alas kaki yang di tempatkan tepat sebelum pintu masuk kandang memiliki fungsi untuk mencegah agar kotoran yang dapat menjadi sarang tumbuhnya bakteri, virus maupun jamur tidak masuk ke dalam kandang.

Baca Juga: Penyebab Penyakit Ayam Broiler




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp