4 Upaya Pencegahan Penyakit Pada Broiler

By. Agritio Amanusa - 17 Mar 2023

Bagikan:
img

sumbermakanan.co.id -  Pencegahan penyakit perlu diupayakan oleh peternak dalam rangka menghindarkan ternak agar tidak terjangkit penyakit baik penyakit menular maupun penyakit yang tidak menular. Manajemen kesehatan ternak perlu untuk diterapkan di kandang dengan maksimal. Berikut ini merupakan 5 cara mencegah penyakit pada ayam broiler agar maksimal:

Baca Juga: Penyebab Penyakit Menular Pada Broiler Yang Harus Diketahui

  1. Melakukan karantina, yaitu upaya untuk melakukan pemisahan terhadap ayam yang terkena penyakit agar penyakit yang menjangkit ayam tersebut tidak menyebar ke ayam lainnya. 
     
  2. Menjaga higienitas kandang, dimana kandang yang higienis merupakan kandang yang dijaga kebersihannya guna untuk meminimalisir adanya kontaminan baik berupa virus, bakteri yang dapat menjadi agen penyebaran penyakit pada ayam broiler.

    Baca Juga: 2 Jenis Penyakit Pada Ayam Broiler
     
  3. Program vaksinasi, harus dilakukan dengan jadwal yang tepat secara serentak dan menyeluruh. Vaksinasi dilakukan guna meningkatkan sistem kekebalan atau imuniatas tubuh ayam agar tidak rentan terkena penyakit

     
  4. Program monitoring, yang merupakan upaya untuk memantau secara rutin dan terjadwal untuk memantau keadaan dalam kandang. Jika ada agen penyebab penyakit harus segera dibasmi dan jika ada ayam yang terkena penyakit harus segera dilakukan karantina.
     

Baca Juga: Penyebab Penyakit Ayam Broiler




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp