Pengaruh Prebiotik terhadap Karkas Ayam Broiler

By. Agritio Amanusa - 16 Mar 2023

Bagikan:
img

sumbermakanan.co.id - Salah satu dari upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas ayam broiler adalah penambahan prebiotik. Prebiotik merupakan zat karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, namun dapat dimanfaatkan sebagai energi bagi bakteri dalam saluran pencernaan sehingga memberikan manfaat dalam peningkatan kesehatan tubuh ternak.

Baca juga: Masak Daging Ayam Tidak Matang? Ini Bahayanya

Salah satu jenis prebiotik yaitu mannan oligosakarida bisa didapatkan melalui proses ekstraksi bungkil sawit. Bungkil sawit sendiri merupakan limbah hasil pengolahan buah sawit yang telah diekstrak minyaknya. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik di tahun 2021, produksi bungkil sawit di Indonesia cukup melimpah yaitu sebesar 46.223.300. Ketersediaan bungkil sawit yang melimpah dapat dimanfaatkan melalui proses ekstraksi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pakan tambahan bagi ternak, terlebih bungkil sawit sendiri memiliki kadar nutrien yang cukup tinggi berupa serat kasar sebesar 15%, protein kasar sebesar 15,30%,  kalsium sebesar 0,20% dan fosfor sebesar 0,52%.

Baca juga: Proses Produksi Ayam Potong

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, terdapat hasil yang menunjukkan pengaruh positif dari penambahan ekstrak bungkil sawit terhadap kualitas karkas ayam broiler.  Pengaruh tersebut meliputi turunnya kecernaan lemak ayam broiler dan peningkatan kandungan nutrien pada karkas. Melalui reaksi kimia di dalam saluran pencernaan akibat penambahan prebiotik , terjadi proses penurunan kecernaan lemak oleh ayam broiler yang berdampak bagi turunnya kadar lemak yang terkandung dalam karkas namun terjadi peningkatan kecernaan nutrien lain yaitu protein yang berperan penting dalam proses pertumbuhan ayam, sehingga penambahan prebiotik dalam pakan dapat meningkatkan kandungan protein dalam karkas dengan kandungan lemak yang lebih rendah. Hal ini tentu saja merupakan efek positif yang diharapkan oleh konsumen yaitu adanya daging ayam yang lebih sehat dengan protein tinggi namun tetap rendah lemak sehingga aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat .

Baca juga: Dasar Distribusi/Penyaluran Produk


    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp