Tips Mencairkan Daging Beku

By. Danan - 30 Jan 2023

Bagikan:
img

Masyarakat modern saat ini pasti sudah terbiasa menyimpan bahan makanan mereka dalam kondisi beku. Makanan beku atau disimpan dalam keadaan beku biasanya berupa daging - daging an seperti daging ayam, sapi, bebek, domba bahkan ikan . Selain daging-daging an saat ini juga marak berbagai makanan beku siap masak (ready to cook) seperti nugget, sosis, bakso , atau berbagai menu makanan lengkap dengan karbohidrat, sayuran dan lauk yang bisa dipanaskan menggunakan microwave.

 

Tidak heran jika saat ini masyarakat modern tergolong rutin atau gemar menyimpan bahan makanan mereka dalam kondisi beku karena dinilai sangat menguntungkan. Menyimpan makanan beku dapat menghemat waktu belanja , menjaga kualitas makanan lebih baik, dan mengatur waktu stok makanan menjadi lebih teratur karena penyimpanan makanan beku dapat bertahan pada waktu yang cukup lama (3-6 bulan).

 

Tapi sudahkan anda mengerti cara mencairkan daging beku yang baik ?
yuk intip beberapa tips nya dibawah ini !

 

  1. Menyimpan Pada Suhu Refrigrator
    Daging beku yang bukan merupakan golongan siap masak (langsung dimasak) perlu dicairkan terlebih dahulu. Tips yang pertama , anda hanya perlu menyimpan daging beku pada kulkas bagian bawah (bukan freezer) satu hari/malam sebelum anda memasaknya . Anda dapat menyimpan pada wadah tertutup atau terbungkus plastik agar saat daging mencair aroma nya tidak menyebar ke makanan yang lain .

    Cara ini cukup mudah dilakukan dan tergolong sangat dapat menjaga kualitas daging tetap baik. Daging beku yang disimpan pada kulkas bagian bawah (refrigerator) akan mengalami kenaikan suhu perlahan karena suhu kulkas bagian bawah berkisar antara 4-12 derajat celcius. Suhu daging beku biasanya (-15) s/d (-18) derajat celcius.

    Kenaikan suhu yang perlahan akan membuat daging mencair dengan baik dan menghambat cairan/sari sari daging keluar dari daging terlalu cepat (juicy) . Sayang ya kalo sari sari daging nya terlalu banyak keluar, rasa daging akan menjadi kurang gurih.
    Hanya saja cara ini memiliki kekurangan yaitu waktu yang dibutuhkan cukup lama yaitu 8 - 12 jam .
     
  2. Rendam di Air Dingin

    Cara yang kedua anda hanya perlu merendam daging beku yang masih di kemas pada wadah berisi air dingin. Maksud air dingin disini adalah air suhu ruang ya.. (25-27 derajat celcius ) .
    Cara ini tergolong lebih cepat dari cara pertama. Waktu yang diperlukan sekitar 2-3 jam . Namun anda perlu secara rutin mengganti air jika air sudah sangat dingin seperti air es dengan air yang baru sampai daging benar benar mencair .
     
  3. Menggunakan Microwave

    Mencairkan daging menggunakan microwave merupakan cara yang paling singkat. Anda dapat banyak menghemat banyak waktu bahkan bisa dilakukan walau anda sedang terburu buru .

    Metode pencairan daging menggunakan microwave hanya butuh waktu kurang lebih 1 menit pada suhu diatas 60 derajat celcius. Namun anda perlu hati - hati ya . Sebaiknya setelah mencairkan daging beku pada microwave, daging harus langsung dimasak. Jangan lama disimpan pada suhu ruang. Karena khawatir mikroba / bakteri kembali hidup pada suhu ruang sehingga menurunkan kualitas daging .

    Selain itu, anda juga perlu memperhatikan waktu penggunaan microwave dibanding dengan jumlah / berat daging anda. Jagan sampai daging malah menjadi matang sehingga akan tidak enak jika dimasak kembali.


    Semoga tips diatas bermaanfaat ya !
    jangan lupa jaga kesehatan dengan tetap mengkonsumsi makanan sehat bergizi tinggi !

    Perhatikan daging yang anda konsumsi. Selain kualitas tinggi , perlu anda perhatikan juga penyimpanan dan kebersihannya.
    Daging ayam dan daging sapi beku dengan kualitas sangat baik dan di proses dengan tekonologi tinggi serta memperhatikan kebersihan nya ini dapat anda beli di website ini ya !

    Selamat berbelanjaaaaa ..... :)

 

Image by Freepik


    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp