Inilah Kalori dan Nilai Gizi Hidangan Ayam Teriyaki

By. Agritio Amanusa - 22 Jun 2023

Bagikan:
img

sumbermakanan.co.id - Ayam Teriyaki merupakan salah satu hidangan populer dalam masakan Jepang yang kini telah menyebar hingga ke seluruh dunia. Hidangan ini terdiri dari potongan daging ayam yang dimarinasi dalam saus teriyaki manis dan gurih, kemudian dipanggang hingga matang sempurna. Selain memiliki rasa yang lezat, Ayam Teriyaki juga memiliki beragam kandungan gizi yang menguntungkan bagi tubuh.

Baca Juga: Berikut Ini 8 Tips Memasak Sup Daging Ayam Agar Lezat

Dalam hidangan Ayam Teriyaki, ayam biasanya menjadi bahan utama. Ayam adalah sumber protein hewani yang kaya akan asam amino essensial, vitamin B kompleks, serta mineral seperti selenium dan fosfor. Protein yang terkandung dalam ayam bermanfaat untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta menjaga kesehatan otot dan tulang.

Selain itu, hidangan Ayam Teriyaki juga mengandung saus teriyaki yang memberikan rasa khas pada hidangan ini. Saus teriyaki terbuat dari campuran kecap manis, kecap asin, gula, sake atau mirin (anggur beras Jepang), serta bumbu-bumbu lainnya. Meskipun kaya akan rasa, saus teriyaki juga mengandung gula dan sodium yang cukup tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya hidangan ini dikonsumsi dengan porsi yang sesuai agar tidak berlebihan dalam mengonsumsi gula dan sodium.

Baca Juga: Kenali Yakitori, Hidangan Daging Ayam Lezat Ala Jepang

Dalam segelas saus teriyaki sekitar 100 gram, terdapat sekitar 250 kalori. Sebagai perbandingan, porsi hidangan Ayam Teriyaki umumnya sekitar 150 gram. Jadi, jika menggunakan sekitar setengah gelas saus teriyaki untuk memasak ayam, maka dapat diestimasikan bahwa hidangan Ayam Teriyaki berisi sekitar 375 kalori. Meskipun kalori yang cukup tinggi, penting untuk dicatat bahwa kebanyakan kalori dalam hidangan ini berasal dari saus teriyaki, sedangkan ayam itu sendiri memiliki kalori yang lebih rendah.

Untuk meminimalkan kalori yang dikonsumsi, terdapat beberapa tips yang dapat diikuti saat menyajikan hidangan Ayam Teriyaki. Pertama, gunakan ayam tanpa kulit untuk mengurangi lemak jenuh. Kedua, perhatikan penggunaan saus teriyaki, cukup gunakan jumlah yang secukupnya untuk memberikan rasa yang lezat. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan saus teriyaki rendah gula atau membuat saus teriyaki sendiri dengan mengatur takaran gula yang digunakan.

Baca Juga: Berikut Ini 6 Manfaat Sehat Mengkonsumsi Sup Daging Ayam

Secara keseluruhan, Ayam Teriyaki adalah hidangan yang lezat dan menyehatkan jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Ayam sebagai sumber protein dan saus teriyaki sebagai penyedap memberikan kombinasi yang lezat dan bergizi. Dengan memperhatikan jumlah kalori dan memilih bahan-bahan yang tepat, hidangan Ayam Teriyaki dapat menjadi pilihan yang baik untuk dinikmati dalam pola makan yang seimbang.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp