Inilah Peran Juru Sembelih Halal di Rumah Potong Ayam (RPA)

By. Agritio Amanusa - 30 May 2023

Bagikan:
img

sumbermakanan.co.id - Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki kebutuhan yang tinggi akan produk sumber protein hewani yaitu daging ayam halal. Untuk memastikan kepatuhan terhadap aturan halal selama proses penyembelihan ayam, Rumah Potong Ayam (RPA) di Indonesia telah mempekerjakan tenaga ahli yang dikenal sebagai Juru Sembelih Halal atau biasa dikenal dengan sebutan Juleha.

Baca Juga: Ini 4 Keuntungan Sertifikasi Halal di Rumah Potong Ayam (RPA)

Juleha merupakan juru sembelih yang telah mengikuti pelatihan secara khusus sebelumnya untuk mempelajari terkait proses penyembelihan ayam sesuai dengan prinsip-prinsip halal yang ditetapkan oleh Islam. Seorang Juru Sembelih Halal memiliki pengetahuan yang mendalam tentang metode penyembelihan yang benar, termasuk pemakaian pisau yang tajam, pemotongan yang cepat, dan pemenuhan syarat-syarat agama Islam yang diwajibkan untuk daging halal.

Salah satu peran penting bagi seorang Juleha adalah melakukan proses penyembelihan ayam dengan cara meminimalisir adanya penyiksaan dan perlakuan yang menyakitkan terhadap hewan. Menyembelih hewan dengan cara yang menyakitkan dilarang dalam pedoman agama Islam, dan Juleha bertugas untuk menyembelih dengan memperhatikan kesejahteraan hewan agar tetap terjaga selama proses penyembelihan ayam di RPA berlangsung.

Baca Juga: Berikut Inilah Lama Waktu Ideal Untuk Brining Daging Ayam

Juru sembelih halal juga turut memiliki peran penting dalam memastikan kebersihan dan kehigienisan selama proses pemotongan ayam. Seorang Juleha dilatih untuk dapat mengetahui tanda-tanda kerusakan atau penyakit pada ayam sebelum penyembelihan dilakukan. Hal ini penting dalam rangka menjaga kualitas dan keamanan daging yang dihasilkan.

Keberadaan Juleha di RPA di Indonesia sangat penting untuk memenuhi permintaan masyarakat akan produk daging ayam yang berkualitas dan status halalnya terjaga. Dalam industri pemotongan unggas, Juleha menjadi jaminan dalam menjaga kepatuhan terhadap prinsip-prinsip halal dan menjaga kualitas produk yang dihasilkan.

Baca Juga: Inilah 5 Faktor Deep Frying Daging Ayam Supaya Matang Sempurna

Peran Juleha juga memberikan kepercayaan kepada konsumen Muslim bahwa daging ayam yang mereka belii memenuhi persyaratan halal untuk dikonsumsi. Seiring dengan masyarakat yang semakin sadar akan pentingnya makanan halal, keberadaan Juleha di RPA menjadi faktor penting dalam pemilihan produk daging ayam oleh konsumen.

Juru Sembelih Halal (Juleha) memiliki peran yang sangat krusial dalam menjaga kepatuhan terhadap aturan halal dalam proses pemotongan ayam untuk memastikan bahwa produk ayam yang dihasilkan di sebuah Rumah Potong Ayam (RPA) telah diproses sesuai dengan syariat agama Islam sehingga aman dan halal dikonsumsi bagi masyarakat.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp