Berikut Tips Potongan Ayam Tulip Sebagai Inspirasi Memasak Ayam

By. Agritio Amanusa - 08 May 2023

Bagikan:
img

sumbermakanan.co.id - Ayam tulip merupakan potongan ayam dalam metode memasak populer untuk menghasilkan hidangan lezat yang tampak indah serta elegan. Potongan ini dinamakan demikian karena kemiripannya dengan bunga tulip, dengan daging ayam menyerupai kelopak bunga dan tulangnya mewakili batangnya. Berikut ini merupakan  langkah-langkah untuk membuat hidangan potongan ayam tulip sebagai inspirasi dalam memasak.

Baca JugaKetahui Jumlah Kalori Dalam Daging Ayam Agar Sehat

Langkah 1: Pilih Ayam 
Untuk membuat potongan tulip ayam, dapat menggunakan chicken drumettes, yaitu bagian daging sayap ayam yang menempel pada tulang. Chicken drumet banyak dipasarkan di pasar maupun di supermarket atau toko daging.

Langkah 2: Siapkan Drumettes
Untuk menyiapkan drumette untuk potongan tulip, kulit dan lemak yang berlebih harus di buang terlebih dahulu. Pisau tajam atau gunting dapur dapat digunakan untuk memotong pangkal drumette dan dengan lembut tarik kulitnya ke arah ujung tulang. Setelah kulit terangkat, gunakan pisau untuk membuang lemak berlebih.

Baca JugaInilah Alasan Penting Pengistirahatan Ayam Sebelum Pemotongan

Langkah 3: Buat Bentuk Tulip
Untuk membuat bentuk tulip, drumette dapat dipegang dengan tulang menghadap ke atas dan gunakan jari untuk mendorong daging ke bawah dengan hati-hati ke arah pangkal tulang, membentuk sebuah bentuk cangkir. Setelah daging terdorong ke bawah, gunakan pisau untuk memotong dengan hati-hati di sekitar tepi daging untuk membuat bukaan yang bersih dan berbentuk tulip.

Langkah 4: Bumbui dan Masak
Setelah drumette ayam telah berhasil disiapkan dalam bentuk tulip, selanjutnya kita dapat melakukan marinasi dan memasaknya. Drumet dapat dimarinasi  dengan campuran bumbu favorit sesuai selera untuk selanjutnya dipanggang di oven atau dapat juga digoreng menggunakan teknik deep fried.

Baca JugaKetahui Cara Mencairkan Daging Ayam Beku Agar Aman

Langkah 5: Sajikan dan Nikmati
Setelah potongan tulip ayam matang, susun hidangan  di atas piring saji dengan tulang menghadap ke atas untuk menampilkan bentuk tulip yang indah. Hiasi dengan bumbu segar atau perasan air lemon, dan sajikan selagi hangat.

Membuat potongan ayam tulip adalah cara yang sederhana dan elegan untuk meningkatkan variasi hidangan daging ayam. Melalui beberapa langkah sederhana, hidangan daging ayam dapat disajikan dengan tampilan menakjubkan dan mengesankan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp