Pembahasan Jurnal Tentang Pengasapan Daging Ayam

By. Agritio Amanusa - 04 Apr 2023

Bagikan:
img

sumbermakanan.co.idPengasapan daging ayam merupakan salah satu metode pengawetan yang telah digunakan selama bertahun-tahun yang lalu untuk menjaga keamanan dan kualitas daging ayam. Metode ini memanfaatkan asap dari bahan-bahan organik yang membantu mencegah pertumbuhan mikroba dan mengurangi kerusakan oksidatif pada daging.

Baca Juga: Tujuan Teknik Pengasapan Pada Daging Ayam

Menurut jurnal "Effects of smoking and chilling on the microbiological and sensory quality of chicken meat" oleh Diaz et al. (2019), pengasapan daging ayam dapat membantu mengurangi jumlah bakteri dan memperpanjang umur simpan daging ayam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasapan daging ayam dapat mengurangi jumlah bakteri sebesar 0,7 hingga 1,1 log satuan koloni per gram (CFU/g) dibandingkan dengan daging ayam yang tidak diasap.

Baca Juga: Macam Jenis Kayu Untuk Pengasapan Daging Ayam

Namun, pengasapan daging ayam juga dapat mempengaruhi kualitas sensorik dan nutrisi daging ayam. Menurut jurnal "Effects of wood smoke on the sensory quality of chicken meat" oleh Meilgaard et al. (2018), pengasapan dengan menggunakan kayu dapat memberikan rasa dan aroma yang diinginkan pada daging ayam. Namun, penggunaan asap dari bahan-bahan organik juga dapat menghasilkan senyawa karsinogenik yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Baca Juga: Suhu Yang Tepat Dalam Pengasapan Daging Ayam

Oleh karena itu, penting untuk memilih jenis kayu atau bahan organik yang tepat dan mengontrol suhu dan waktu pengasapan dengan baik untuk menghindari risiko kesehatan. Menurut jurnal "Quality attributes of smoked chicken breast processed with different woods" oleh Torrescano et al. (2020), pengasapan daging ayam dengan menggunakan kayu ek dapat menghasilkan kualitas sensorik yang lebih baik dibandingkan dengan kayu pinus dan kayu akasia.

Pengasapan daging ayam adalah metode pengawetan yang efektif untuk menjaga keamanan dan kualitas daging ayam. Namun, penting untuk memilih bahan organik yang tepat, mengontrol suhu dan waktu pengasapan dengan baik, serta memperhatikan dampak pengasapan terhadap kualitas sensorik dan nutrisi daging ayam.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp